Cara Masuk Eligble Serdos Berdasarkan Forlap

Kali ini saya kilas tentang judul diatas, berdasarkan seringnya teman sejawat (Dosen) menanyakan hal tersebut, seperti :

  1. Knapa saya tidak masuk data eligble serdos, padahal saya sudah lama mengajar?
  2. Data sudah lengkap, knapa masih tidak masuk serdos (quota)?
  3. Gimana sih caranya bisa dapat serdos?

Sebenarnya untuk menjadi acuan syarat untuk ikut serta atau masuk ke tahap eligble kita harus mengikut edaran atau peraturan yang disampaikan di web serdos.dikti.go.id. Seperti Gambar yang saya upload di tulisan ini.

serdosNah Apa saja yang dimintakan oleh persyaratan tersebut, harus kita update di data forlap kita. Mari Kita kupas satu persatu :

1. Memiliki kualifikasi akademik sekurang-kurangnya S2/setara dari Program Studi Pasca Sarjana yang terakreditasi        
Bapak/Ibu bisa mencek di halaman forlap.dikti.go.id bisa dengan login operator atau tanpa harus login, dengan  menu pencarian data dosen , kemudian ketik nama PT dan isikan kata kunci nama atau nidn bapak/ibu. Kemudian setelah muncul hasil pencarian klik Nama nya dan akan terbuka biodata kita.

dosenGbr. 1

1

Gbr.2

biodata

Gbr. 3

Jika di jenjang pendidikan masih terlihat S1 padahal kita sudah s2 atau s3 maka yang harus dilakukan adalah merubah / mengupdate data tersebut melalui operator perguruan tinggi.
Proses Perubahannya adalah Operator PT melakukan perubahan secara online melalui menu perubahan riwayat pendidikan dosen di web forlap, berkasnya adalah Ijazah & transkip, file di scan kapasitas tidak melebihi 500 kb. dan Usahakan warna serta sekurang kurangnya legalisir basah.
Kemudian Jika Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di validasi dokumen terlebih dahulu oleh kopertis, kemudian terakhir dikti menyetujui dan data di biodata (yg jenjangnya masih S1) tersebut diatas tadi akan berubah sesuai dengan ajuan yang dilakukan oleh operator.

2. Berstatus Dosen Tetap di PTN,  Dosen DPK di perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat, atau dosen tetap yayasan
Kemudian Telah diinpassing oleh pejabatan berwenang sesuai aturan yang berlaku.

Berdasarkan data dalam forlap.dikti.go.id (sebagai acuan saya), bahwa dosen sudah mengajar bertahun-tahun belum tentu bisa disebut sebagai Dosen Tetap (bisa lihat contoh gbr.3 diatas), apakah Status Ikatan kerja dan dilihat isian disana apakah sudah dosen tetap atau sebagai dosen tidak tetap, sampai situ saya pikir sudah melakukan pengecekan bahwa dosen tersebut sudah menjadi dosen tetap, dan sudah mendapat kemungkinan untuk ikut sertifikasi dosen.
Kemudian untuk sk inpasing untuk mengetahui kita sudah diinpasing, maka kita cek apakah kita memilik sk tersebut, jika belum silahkan urus sesuai aturan yang ada, jika sudah memilik silahkan hubungi operator perguruan tinggi, minta dilihatkan data bapak / ibu di forlap dengan login apakah sudah di isi menu di data dosen pada tab Riwayat kepangkatan, jika sudah di isi pastikan dokumen sk inpasing sudah terdapat pada tab file dosen. Lain halnya jika di tab Riwayat kepangkatannya kosong maka bapak / ibu mohon berikan dokumen sk inpasing ke operator atau pihak yang bertanggung jawab untuk perubahan tersebut agar di lakukan perubahan data riwayat kepangkatan tersebut. Kemudian proses nya sama seperti perubahan riwayat pendidikan tadi.
Intinya minta bantuan kepada Operator PT untuk update data tsb.

3. Masa Kerja sekurang-kurangnya dua tahun di perguruan tinggi dimana kita mengabdi menjadi dosen tetap.
Nah yang menjadi acuan di data forlap adalah dokumennya SK Dosen tetap dan biodata di forlap adalah di menu biodata dosen tetapi dengan login operator di Judul field Tanggal Mulai Masuk Dosen : jika masih kosong lakukan perubahan melaui perubahan data dosen di tab data pokok.

4. Memilliki Jabatan Fungsional sekurang kurangnya Asisten Ahli, nah untuk melihatnya bisa kita melihat sendiri di biodata kita seperti contoh melihat riwayat pendidikan disebut di gambar point nomor1.

5. Yang terakhir telah melaksanakan Tridarma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit 12 sks pada setiap smester pada perguruan tinggi sebagai dosen tetap dimana sistem akan melihat di tab riwayat mengajar dosen.